welcome to muava's site..

Follower

Social Network

Minggu, 10 Juni 2012

Keinginan untuk Ikut Serta dalam Kemajuan Animasi Indonesia

Saat saya masih kecil dulu, saya atau mungkin teman-teman pasti sering melihat film-film animasi di televisi, dan saat itu saya berfikir atau mungkin teman-teman juga mempunyai fikiran yang sama dengan saya, "kapan indonesia bisa membuat film animasi yang bagus seperti itu?", dan akhirnya sekarang saya bisa menjawab, yaitu "SEKARANG", karena saya lihat di berbagai forum animasi 3D indonesia di situs-situs di internet, tampak jelas sekali semangat para animator-animator indonesia dalam pengembangan animasi 3D di Indonesia, dan tidak sedikit dari tangan-tangan kreatif mereka telah di hasilkan film animasi 3D yang menurut saya luar biasa. dan luar biasanya lagi, animator-animator tersebut sebagian besar menggunakan aplikasi opensource dalam pengerjan project-project animasi mereka. super sekali bukan?!!.
ketertarikan saya dengan animasi 3D memang sudah lama, namun kesempatan untuk mencicipi pembuatan animasi 3D ini baru saya rasakan ketika saya berstatus mahasiswa, alhamdulillah.. dalam hati saya bersorak .. "Horeeee!!!" .
Tapi yang membuat saya agak kecewa di mata kuliah 'Workshp komputer dan jaringan' hanya perkenalan saja tentang aplikasi opensource untuk membuat animasi 3D yaitu Blender, dan hanya di tugaskan untuk membuat 1 project saja, yaitu membuat animasi cara kerja lift. tapi ternyata dari pengenalan yang tidak lama itu banyak dari teman saya yang samapai sekarang masih terus mempelajari pembuatan animasi 3D ini secara otodidak, hal ini tentunya juga mendorong saya untuk menjadikan 'ini' sebagai Hobi saya. serta baru-baru ini ada sebagian teman saya yang mebuat animasi 3D untuk membantu presentasi.
Mungkin jika di banding dengan jurusan Multi Media Broadcasting (MMB), saya yang jurusan Elektronika, kemampuan pembuatan animasi 3D masih jauh di bawah mereka, tapi ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar, yaa tentunya harus berjuang pula menghadapi sifat malas saya yang luar biasa 'akut' . Oh ya.. yang saya maksud teman saya yang presentasi menggunakan animasi 3D itu adalah teman sekelas saya, jurusan Elektronika..luar biasa bukan?!.

Kembali lagi ke pembahasan awal, berikut sebagian karya dan project dari sebagian kecil animator-animator di indonesia, dan yang pastinya semua di kerjakan dengan aplikasi open source 'blender' :
DAZU, TataBabaDudu, Band Animasi [Blender] Bikinan Anak Negeri [Main Studio] , http://www.dazumusical.com/


Animasi 'Made in indonesia' juga telah mewarnai tayangan di televisi.







dan tentunya masih banyak animasi hasil karya anak negri lainnya. bahkan tidak sedikit Animator Indonesia yang bekerja di luar negri.

Dari sini lah saya tertarik untuk mempelajari pembuatan animasi 3D, tetap semangat untuk melihat, mencoba, dan semoga saja nantinya 'bisa' . dan nantinya mungkin saya akan sedikit men-dokumentasikan project-project latihan saya di blog ini.

0 komentar: